anak sunat

Tips Mengajak Anak Sunat

Cara Mengajak Anak Sunat

Mengajak anak sunat memang merupakan hal yang susah-susah gampang, karakteristik anak yang berbeda-beda kadang membuat respons yang orang tua dapat pun berbeda-beda. Biasanya, orang tua akan sedikit menipu anak yang hendak disunat. Mengatakan bahwa hari itu mereka akan pergi jalan-jalan bukannya ke klinik sunat,cara ide mungkin berhasil. Namun, efek penolakan besar akan diterima orang tua ketika anak tahu bahwa mereka dibawa ke klinik sunat bukannya tempat hiburan atau mall, tidak jarang anak akan mengamuk begitu mengetahui hal ini. Lalu bagaimanakah tips agar anak mau diajak ke klinik sunat?

Beri pengertian

Hal pertama yang orang tua harus lakukan pada anak yang akan disunat adalah memberi mereka pengertian yang benar tentang prosedur sunat, katakan pada anak bahwa berita yang menyebar di luar tentan sunat adalah bohong. Informasikan baik-baik bahwa sunat adalah prosedur kesehatan biasa yang setiap orang lalui, sama seperti memeriksakan gigi ke dokter gigi atau mengecek kesehatan mata ke dokter mata.

Cara ini membantu anak untuk memahami dengan pasti tentang sunat, bukan dari cerita-cerita menyeramkan yang mereka dengar dari luar. Jika anak paham betul makna sunat dan manfaatnya untuk kesehatan mereka kelak, ketakutan anak akan menurun dengan sendiri. Anak akan menyadari bahwa sunat bukan penyiksaan tetapi kebutuhan kesehatan.

Gunakan kata-kata sederhana dan nada lemah lembut

Menerangkan sunat kepada anak memang tidak mudah, ada banyak istilah medis dan penyakit kelamin yang dipandang belum pantas diketahui oleh anak-anak. Orang tua diharapkan pintar dalam menyederhanakan penjabaran tentang medis dan penyakit yang mungkin muncul akibat tidak sunat, sesuai dengan umur anak. Kaitan dengan istilah sehari-hari yang dikenal anak, biarkan anak memahami risiko kesehatan akibat tidak disunat.

Anak diharapkan tidak memandang sunat sebagai sebuah paksaan tanpa ada manfaat, anak akan mengamuk karema mengira orang tua mereka kejam karena membiarkan mereka disunat. Ajak anak berpikir dewasa dengan komunikasi yang baik, hal ini akan melatih anak untuk dapat memahami pola sederhana dari kesehatan manusia.

Jangan Berbohong Kepada Anak

Berbohong kepada anak biasanya menjadi senjata ampuh orang tua untuk memaksa anak mereka datang ke klinik sunat, tanpa mereka ketahui bahwa cara ini akan membawa efek tidak baik untuk anak dan orang tua sendiri. Anak yang merasa sudah dibohongi oleh orang tuanya cenderung akan mengamuk ketika mengetahui hal itu, rasa percaya mereka terhadap orang tua akan turun drastis.

Sebaliknya, lebih baik orang tua memberitahu yang sesungguhnya kepada anak. Katakan pada anak bahwa sunat mungkin sedikit menyakitkan, tetapi anda sebagai orang tua akan mengupayakan metode sunat yang sangat minim rasa sakit. Di sini anak akan percaya pada orang tua, mereka akan berpikir bahwa tidak mungkin orang tua mereka sendiri membohongi mereka. Pada akhirnya mereka akan tenang ketika dibawa ke klinik sunat.

Di Rumah Sunat sendiri ada Layanan Sunat Premium, di mana rasa sakit yang ditimbulkan bisa ditekan seminimal mungkin. Jadi tidak akan menyiksa anak, layanan ini bisa jadi pilihan orang tua untuk membangun rasa saling percaya kepada anak.

Dampingi Anak

Sesungguhnya tidak ada yang dapat mengalahkan dukungan dari orang tua, itulah yang anak butuhkan. Sama halnya ketika mereka hendak di sunat, dukungan orang tua diharapkan dapat membuat anak nyaman dan tidak takut. Dampingilah anak di setiap tahapan yang mereka lalui, pegang tangan mereka agar mereka tahu bahwa orang tua mereka selalu ada untuk mereka. Secara sendirinya rasa takut anak akan terkikis dengan hadirnya dukungan dari orang tua, dan anak akan menjalani tindakan sunat dengan tenang. Tanpa perlawanan sama sekali, sehingga memudahkan dokter dan perawat yang bertugas.

Pilihlah Layanan Terbaik

Datang ke klinik sunat membutuhkan keberanian yang tidak enteng buat anak, jika mereka sudah sampai pada tahap berani datang ke klinik sunat. Ada baiknya orang tua meneruskan estafet ini dengan memilih pelayanan terbaik, seperti jangan biarkan anak menunggu lama. Karena semakin lama anak menunggu maka mereka akan semakin gugup, belum lagi pikiran-pikiran negatif yang mungkin saja datang secara tiba-tiba.

Dalam hal ini Layanan Premium dari Rumah Sunatan sangat membantu orang tua, dengan layanan ini orang tua dan anak tidak perlu mengantre. Ruang tunggu yang disediakan pun sangat nyaman, akan membuat anak lupa jika ia sedang berada di klinik sunat. Dokter yang menanganinya pun langsung dokter spesialis bedah, juga perawat yang profesional.

Anak dan orang tua akan nyaman dengan pelayanan yang diberikan oleh Rumah Sunatan, sehingga sunatan pun berjalan lancar tanpa ada kendala.

Pilihlah Klinik Yang Ceria

Hal terakhir yang mempengaruhi anak ketika hendak disunat adalah tampilan klinik atau rumah sakit tempat anak disunat, kebanyakan klinik yang ada masih menerapkan sistem yang sama. Dengan penampilan klinik/rumah sakit yang terkesan kaku dan agak menyeramkan langsung menciutkan nyali anak begitu masuk ke dalamnya, belum lagi bau obat-obatan yang menyengat membuat anak mual. Agar anak mau diajak ke klinik sunat dan tenang selama berada di sana, maka pilihlah klinik sunat yang menerapkan sistem lain dari pada yang lain.

Rumah Sunatan contohnya, menerapkan konsep rumah di mana menggunakan dekorasi yang ceria layaknya di rumah sendiri yang akan membuat anak dan orang tua nyaman. Tidak ada lagi suasana menyeramkan, malahan anak akan betah karena disediakan fasilitas mainan anak dan hiburan berbasis audio visual.

Di Rumah Sunatan tidak ada bau obat yang akan membuat anak mual atau takut, begitu juga para petugasnya pun tidak melayani dengan wajah datar seperti hantu. Petugas di Rumah Sunatan semuanya ramah dan supel terhadap anak-anak, begitu juga dokter dan perawat yang akan menangani anak, dalam beberapa detik awal anak akan merasa nyaman berada di Rumah Sunatan.

Agar anak tidak mengamuk atau menolak diajak ke klinik sunat, ada baiknya orang tua memilih Rumah Sunatan dengan Layanan Sunat Premium yang dapat mengusir ketakutan anak dengan fasilitas yang nyaman, ceria, dan menyenangkan. Layanan Premium juga dihadirkan untuk orang tua yang ingin menjalin rasa saling percaya kepada anak mereka, orang tua tidak perlu lagi berbohong pada anak. Layanan Premium benar-benar akan membuat proses sunat tidak seseram yang dikatakan orang di luar, layanan ini justru begitu fun untuk anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *